Waduk Terbesar Kedua di Indonesia Instagramable Banget : Waduk Jatigede, Sumedang

Waduk Terbesar Kedua di Indonesia Instagramable Banget : Waduk Jatigede, Sumedang

Waduk Jatigede Sumedang, Video Drone Waduk Jatigede Sumedang, Waduk Terbesar Kedua di Indonesia Adalah Waduk Jatigede di Kabupaten Sumedang Jawa Barat, Lokasi Waduk Jatigede Sumedang, Wisata Sumedang, Wisata Yang Lagi Hits di Sumedang. Rekomendasi Tempat Wisata di Sumedang, Tempat Wisata Instagramable di Sumedang
Waduk Terbesar Kedua di Indonesia Instagramable Banget : Waduk Jatigede, Sumedang
Waduk Terbesar Kedua di Indonesia Instagramable Banget : Waduk Jatigede, Sumedang

Waduk Jatigede merupakan sebuah proyek KEMENPU yang selesai dibangun pada tahun 2015.

Meski sempat menuai pro dan kontra, pada Agustus tahun 2015 Waduk Jatigede mulai diairi dari Sungai Cimanuk yang dibendung.

Seperti waduk lainnya, Waduk Jatigede pun memiliki fungsi utama untuk sarana irigasi dan pembangkit listrik tenaga air (PLTA). Selain itu juga berfungsi sebagai sarana budidaya perikanan air tawar, sarana olahraga air, sarana rekreasi, dan lain sebagainya. Waduk Jatigede difungsikan sebagai pusat pengairan untuk 90.000 hektar lahan pertanian produktif di Kabupaten Cirebon, Kabupaten Indramayu dan Kabupaten Majalengka. Selain itu, air dari Waduk Jatigede juga akan dimanfaatkan untuk Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) berdaya 110 Mega Watt (MW) yang saat ini tengah dibangun oleh PT PLN (Persero). Waduk ini juga akan memasok air bersih bagi warga sekitar dengan kapasitas hingga 3.500 meter kubik per detik. Selain itu, waduk ini juga akan meredam terjadinya banjir bagi 14.000 hektar kawasan di Jawa Barat. Source : WIKIPEDIA.

Selain memiliki manfaat teknis, Waduk Jatigede juga menawarkan keindahan alam yang ‘tak sengaja’ terbentuk akibat proses penggenangan. Puncak-puncak bukit yang berada di area genangan berpadu dengan hamparan air yang merefleksikan birunya warna langit menciptakan pemandangan indah yang memanjakan mata. Memanfaatkan keindahan tersebut, masyarakat sekitar menjadikan lokasi tersebut sebagai kawasan wisata alam. Instagramable banget!

Nah, bagi kalian yang ingin mencari spot wisata alternatif, bakal seru banget nih jalan-jalan ke sini. Tapi sebelum berangkat, tonton dulu yuk video aerial di bawah ini :

Indah banget ya?

Tapi sayang, akses jalan menuju ke Waduk Jatigede hingga saat saya mengunjunginya bulan Juni lalu jalannya masih jelek sepanjang kurang lebih 4 km. Jadi hati-hati ya.

Lokasi : Pajagan, Cisitu, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat 45363
Peta Google Map : https://goo.gl/maps/NCHMqSogkG62


ARTIKEL MENARIK LAINNYA!


BELANJA DI FELISBLOG :

Jual Ratusan Jenis Kaktus Sukulen Berkualitas Dari Lembang
Supplier Kemasan Pot Kosmetik dan Botol Obat-obatan

Bismillah..

Saya Hamba Allah yang berprofesi sebagai full time blogger. Pecinta petualangan dan juga internet enthusiast yang Alhamdulillah 100% berpenghasilan dari blog-blog saya yang saya bangun. Mari berkenalan di sosial media saya. Mau titip backlink? Silahkan komentar yang sopan dengan bahasa yang baik ya.

Terima kasih.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
JANGAN BACA SENDIRI. SHARE KE TEMEN KAMU. KLIK TOMBOL DI BAWAH!
5 bulan ago

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *