Litchi adalah sebuah aplikasi pihak ketiga yang tersedia di Play Store untuk drone DJI. Produk-produk DJI yang bisa menggunakan aplikasi Litchi ini salah satunya adalah DJI Spark. Saya beberapa kali nonton video di Youtube, Litchi bisa membuat DJI Spark kita 100% terbang tanpa dikendalikan alias autopilot mengikut misi way points yang sebelumnya sudah kita atur.

DJI Spark bisa terbang hampir 100% akurat mengikuti peta way points yang telah kita atur. Pengaturannya pun sangat detail. Di aplikasi Litchi kita bisa mengatur kecepatan drone, ketinggian terbang drone mengikuti permukaan tanah atau mengikut ketinggian home point, pengaturan point of interest atau POI hingga arah kameranya pun bisa kita atur.

Yang lebih asiknya lagi, kalau pakai LItchi, kita bisa setting semuanya online di PC melalui https://flylitchi.com/ lalu saat kita sudah terhubung dengan drone, kita bisa langsung mendownload peta way points yang sudah kita buat sebelumnya langsung dari aplikasi kemudian menguploadnya kembali ke drone. Bener-bener simpel!

Teknologi canggih bukan tanpa celah. Ya maksudnya saya yang salah sih. Hehe. Waktu itu saya penasaran banget ingin cobain terbang mengelilingi Maribaya dari rumah saya sejauh 5.000 meter. Titik demi titik way points sudah saya atur seakurat mungkin supaya gak ada kesalahan yang bisa mengakibatkan drone jatuh atau nabrak. Tapi ternyata kesalahan masih tetap terjadi karena saya tidak memperhitungkan pohon yang saya tabrak di dalam video.

Pohon itu mungkin tingginya tidak lebih dari 30 meter. Tapi pohon tersebut berdiri di atas tebing yang dalam. Sementera di titik itu saya hanya mengatur ketinggian terbang DJI Spark setinggi 30 meter. Drone mengikuti perintah saya yang sudah saya buat di dalam peta way points. Dan ternyata drone menabrak pohon yang mungkin berdiri di atas tebing yang dalamnya lebih dari 30 meter yang tidak saya perhitungkan.

Bagaimana serunya penerbangan DJI Spark saya itu? Tonton videonya sampai selesai.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post comment