Motor Kamu Sering Mogok Saat Mesinnya Panas? Cek Solusi Ini.


Motor Kamu Sering Mogok Saat Mesinnya Panas? Cek Solusi Ini, solusi motor sering mogok saat mesin panas, motor mati mesin panas, motor brebet mesin panas, Bagi kamu yang motor sering mati / mogok saat mesinnya panas? Ini saya kasih tau salah satu kemungkinan solusinya.

Suzuki Hayate tahun 2011. Masih karburator.
Suzuki Hayate tahun 2011. Masih karburator.

Sudah hampir setahun motor saya mengalami kendala seperti ini. Kalau mesinnya panas, motor tiba-tiba sering mati. Sering mogok. Tapi kalau di-starter lagi ya hidup lagi.

Kadang-kadang juga gak mati sih, ya cuma brebet-brebet aja gitu. Tapi kan ngeselin ya. Apalagi saya tinggal di pegunungan yang medannya tanjakan-tanjakan ekstrim. Ditambah lagi badan saya juga berat. Motor saya juga pakai box belakang dengan bracket yang nyambung sampai ke foot step penumpang belakang. Motor Suzuki Hayate saya beratnya lebih berat dari Kawasaki Ninja 250 CC sekalipun. Meskipun cuma motor matic 125 CC. Haha.

Saya sudah bolak-balik ke bengkel. Semua solusi sudah saya ikutin termasuk turun mesin. Karburator udah 3 kali ganti. Dari karburator RX King, karburator PE Keihin abal-abal sampe balik lagi ke karburator standarnya lagi. Kelistrikan kabel seluruh body juga sudah saya ganti. Coil ganti. Busi ganti. Spul ganti. Pokoknya hampir semua komponen mesinnya sudah saya ganti itu motor.

Tapi keselnya, motornya masih juga brebet. Dan sering mati kalau mesinnya panas.

Akhirnya tadi malam saya bengong. Inget-inget histori perawatannya ini motor sembari googling-googling lagi sampai akhirnya saya menemukan video dibawah ini :

Setelah saya tonton paparan montir di video itu, saya akhirnya baru inget. Gila cuy. Filter bensin dari pertama kali beli ini motor, saya belum pernah ganti.

Filter bensin saya yang kotor. Belum pernah saya ganti dari tahun 2011.
Filter bensin saya yang kotor. Belum pernah saya ganti dari tahun 2011.

Penasaran. Jangan-jangan motor saya mati-mati mulu juga cuma gara-gara filter bensin yang kotor. Masa iya, spare part kayak gini rusaknya gak ketauan sama montir yang udah pernah saya datengin?

Tadi pagi akhirnya saya coba ganti tuh deh akhirnya filter bensin. Beli di bengkel pinggir jalan. Filter bensin yang harganya cuma Rp. 15.000.

Setelah saya ganti, lalu saya tes motor saya ngebut di tanjakan yang panjangnya sekitar 4 km di Bandung.

Hasilnya ya mesin panasnya bukan main. Tapi alhamdulillah, setelah ganti filter bensin, jadi udah gak mati-mati lagi. Hahaha.

SESIMPEL ITU SOLUSINYA 🙂

Saking Miringnya Ini Jalur, Saya Gak Kuat Muncak | Gunung Bukit Tunggul


Gunung Bukit Tunggul adalah gunung tertinggi di wilayah Bandung Raya. terletak di Kecamatan Lembang, Kabupaten ­Bandung Barat, Cilengkrang, Kabupaten Bandung, dan Cisalak, Kabupaten Subang. Puncak Bukit Tunggul berada di ketinggian 2.209 meter di atas permukaan laut. Pendek emang. Tapi jalurnya ini loh. Beneran gak ada bonus. Haha. Sebelum ngetawain saya, baca dulu dong sampe kelar.

Bukit Tunggul
Bukit Tunggul
Bukit Tunggul Bukit Tunggul Jalur Bukit Tunggul Jalur Bukit Tunggul Pendakian Bukit Tinggul Pendakian Bukit Tinggul Pos 1 Bukit Tunggul Pos 1 Bukit Tunggul Video Bukit Tunggul Video Bukit Tunggul

 

View this post on Instagram

 

Soak bray

A post shared by Febrian Djaka Putra (@bangian) on

Asli. Emang soak banget jalurnya.

10 menit pertama emang jalurnya masih landai. Setelah pos 1 Pasir Angling jalur masuk Bukit Tunggul yaitu rumah Pak RW, kita akan memasuki area perkebunan milik warga yang masih landai. Cukup lah buat pemanasan badan.

Memasuki 20 menit kedua, jalur mulai menanjak. Mulai memasuki jalur menuju puncak Gunung Bukit Tunggul. Saya pertama kalinya mendaki gunung ini. Saya tidak berani jalan sendiri karena memang sejak pertama Pak RW melarang saya pergi sendiri jika belum pernah dan gak tau jalur pendakian Gunung Bukit Tunggul.

Bener aja. Setelah hampir 30 menit berjalan, jalur makin ekstrim. Untung aja saya bawa guide, bernama Pak Andi, penduduk setempat.

Jalur pendakian makin tidak jelas. Karena waktu itu masih musim penghujan di Gunung Bukit Tunggul dan saat saya mendaki itu pun awan menurunkan gerimis. Semak belukar lagi tumbuh setinggi-tingginya. Jalur jadi gak jelas banget. Jalan yang licin ditambah semak-semak yang menghambat gerak kaki membuat jalur ini makin membuat saya kepayahan. Plus emang badan saya tambun. Jadi emang gak begitu kuat jalan nanjak. Haha.

Jalur segini ribetnya. Baru segini aja badan udah ngerasa kepayahan. Lalu tiba-tiba ada yang membuat saya merasa jadi laki-laki culun seculun-culunnya.

Bayangin men. Di tengah jalur tanah yang menghisap kaki ini, saya ketemu aki-aki menarik gerobak yang isinya penuh dengan rumput buat pakan sapi di kandangnya. Dan doi jalan dengan santai sambil mulutnya menghisap kretek favorit. Gile. Sungkem, ki!

Saya menyapanya. Dia melemparkan tawa yang sangat ramah.

Melanjutkan perjalanan, saya baru berjalan sedikit dengan waktu tempuh sudah 1 jam. Jalur makin terjal. Nafas makin berat. Guide saya yang berusia 60 tahun itu berjalan santai tanpa beban.

Saya coba ikuti semua panduannya. Hingga tak terasa saya sudah berjalan 3 jam.

Selama 3 jam perjalanan itu semua jalurnya menanjak. Jalurnya bebatuan besar, akar ranting dan tanah basah yang licin. Yang membuat kita harus membuka langkah-langkah yang panjang. Istilah jalur “jalan sambil nyium lutut” berlaku di sini.

Sepanjang bagian jalur ini saya tidak menemukan tempat istirahat yang cukup proper. Saya hanya menemukan lahan kecil berukuran mungkin 1 – 3 meter untuk nyender sebentar. Meleng sedikit, saya bisa langsung terguling ke jurang.

Setelah beristirahat sebentar, Pak Andi akhirnya meminta saya untuk mengakhiri perjalanan. Beliau khawatir turun hujan. Ditambah lagi kami tidak membawa perbekalan yang cukup. Air aja cuma bawa 1 botol kecil. Beliau meragukan kemampuan saya. Bukan cuma beliau sih, saya juga gak yakin bakalan kuat melanjutkan perjalanan. Haha.

Akhirnya pun saya kembali turun tanpa pernah sampai ke Puncak Bukit Tunggul. Kamu bisa tonton video perjalanan saya yang payah ini di Bukit Tunggul. Saking cupunya. Videonya bener-bener gak enak ditonton. Goyang semua. Saya gak fokus ambil video. Fokus saya cuma gimana caranya bisa selamat dalam perjalanan ini.

 

Gimana? Pusing kan nontonnya? Maap, jangan dibully. Saya pikir daripada gak ada footage sama sekali, mending yang ada aja diposting.. 🙂

Muncaknya pake drone aja..

Hamparan awan
Hamparan awan
Bukit Tunggul
Puncak Bukit Tunggul foto dari drone

View this post on Instagram

Gemeteran ngeri kena petir

A post shared by Febrian Djaka Putra (@bangian) on

Bagi yang belum kenal rute pendakian Gunung Bukit Tunggul, kalian bisa minta dipandu oleh Pak RT Abah Andi ( HP : 085861648071 ).

Peta lokasi pos 1 Bukit Tunggul Rumah Pak RW : https://goo.gl/maps/7SbLMkqSoGXUTq897

Jalan-jalan ke Yulong Mountain / Jade Dragon Snow Mountain – Lijiang, China


Jalan-jalan ke Yulong Mountain / Jade Dragon Snow Mountain – Lijiang Jalan-jalan ke Yulong Mountain / Jade Dragon Snow Mountain – Lijiang,China China, Jalan-jalan Jalan-jalan, Yulong Mountain Yulong Mountain, Jade Dragon Snow Mountain Jade Dragon Snow Mountain, Gunung Salju di China Gunung Salju di China, Cable Car Gunung Salju China Cable Car Gunung Salju China, China Gunung Salju China Gunung Salju, China Snow Mountain China Snow Mountain, Snow Mountain China Snow Mountain China
Yulong Mountain Jade Dragon Snow Mountain - Lijiang, China (34)
Yulong Mountain Jade Dragon Snow Mountain – Lijiang, China (34)
, Jalan-jalan ke Yulong Mountain / Jade Dragon Snow Mountain – Lijiang Jalan-jalan ke Yulong Mountain / Jade Dragon Snow Mountain – Lijiang,China China, Jalan-jalan Jalan-jalan, Yulong Mountain Yulong Mountain, Jade Dragon Snow Mountain Jade Dragon Snow Mountain, Gunung Salju di China Gunung Salju di China, Cable Car Gunung Salju China Cable Car Gunung Salju China, China Gunung Salju China Gunung Salju, China Snow Mountain China Snow Mountain, Snow Mountain China Snow Mountain China
Yulong Mountain Jade Dragon Snow Mountain - Lijiang, China (34)
Yulong Mountain Jade Dragon Snow Mountain – Lijiang, China (34)
, Jalan-jalan ke Yulong Mountain / Jade Dragon Snow Mountain – Lijiang Jalan-jalan ke Yulong Mountain / Jade Dragon Snow Mountain – Lijiang,China China, Jalan-jalan Jalan-jalan, Yulong Mountain Yulong Mountain, Jade Dragon Snow Mountain Jade Dragon Snow Mountain, Gunung Salju di China Gunung Salju di China, Cable Car Gunung Salju China Cable Car Gunung Salju China, China Gunung Salju China Gunung Salju, China Snow Mountain China Snow Mountain, Snow Mountain China Snow Mountain China
Yulong Mountain Jade Dragon Snow Mountain - Lijiang, China (34)
Yulong Mountain Jade Dragon Snow Mountain – Lijiang, China (34)
, Jalan-jalan ke Yulong Mountain / Jade Dragon Snow Mountain – Lijiang Jalan-jalan ke Yulong Mountain / Jade Dragon Snow Mountain – Lijiang,China China, Jalan-jalan Jalan-jalan, Yulong Mountain Yulong Mountain, Jade Dragon Snow Mountain Jade Dragon Snow Mountain, Gunung Salju di China Gunung Salju di China, Cable Car Gunung Salju China Cable Car Gunung Salju China, China Gunung Salju China Gunung Salju, China Snow Mountain China Snow Mountain, Snow Mountain China Snow Mountain China
Yulong Mountain Jade Dragon Snow Mountain - Lijiang, China (34)
Yulong Mountain Jade Dragon Snow Mountain – Lijiang, China (34)

Yulong Mountain merupakan gunung salju yang terletak di kota tua Lijiang, provinsi Yunnan, China. 

Gunung Yulong adalah gletser paling selatan di belahan bumi utara. Terdiri dari 13 puncak, di antaranya Shanzidou adalah puncak yang tertinggi dengan ketinggian 5.600 meter (18.360 kaki). Gunung ini membentang sepanjang 35 kilometer (22 mil) dan lebar 20 kilometer (13 mil).

Karena ketinggiannya, Yulong Mountain memiliki salju sepanjang tahun. Dan enaknya, untuk mencapai ke ketinggian 4.500 meter, kita bisa menggunakan cable car.

Mendaki ke ketinggian 4.500 meter dengan cable car sebenernya membuat kepala saya pusing minta ampun seperti kena migrain. Perjalanan waktu tempuh yang hanya memakan waktu 30 menit membuat badan saya kaget meskipun di sepanjang perjalanan saya sudah mencoba menghirup oksigen kaleng. 

Waktu itu saya ke sini musim summer di bulan Mei tahun 2017. Suhu di kota tua Lijiang masih cukup hangat berada di kisaran 18 derajat celcius. Saat musim dingin, Lijiang bisa membeku di nol derajat celcius.

Bagi yang ingin merasakan sensasi bermain salju di alam yang ekstrim, bagi orang Indonesia, saya sih gak menyarankan pergi ke sini.

Karena :

  1. Kota Tua Lijiang biasa aja.
  2. Di Yulong Mountain kita juga cuma bisa main salju sebentar doang. Saat sore, dinginnya minta ampun. Oksigen makin tipis. Kepala makin pusing. Kalau bawa anak-anak mah ngeri. 
  3. Selain di atas gunung, kawasan wisata Yulong Mountain tidak bersalju di bulan Mei waktu itu. Di kota Lijiang juga waktu itu tidak ada salju. 
  4. Kita gak bisa main ski.
  5. Rame banget cuy. Main di gunung udah kayak main di Trans Studio.

Jadi ya saya agak nyesel juga ke sini. Jauh-jauh cuman foto-foto dan main salju sebentar doang. Haha

Tapi kalau soal lanskap, gunung ini punya scenery yang luar biasa. Udah gitu tiket masuknya termasuk murah. Biaya akomodasi kayak penginapan dan transportasi gitu juga murah. Motel dengan kamar yang punya fasilitas bed heat pad saya dapet per malamnya itu USD 20 beli di Agoda. Saya nyewa mobil omprengan sendirian dari Lijaing ke area wisata Yulong Mountain cuman 100 RMB. Itu dia nungguin sekitar 5 jam lho. Drivernya ibu-ibu. Haha.

Segitu aja mungkin ceritanya, karena ini jalan-jalan tahun 2017. Saya agak lupa-lupa inget. Haha. Selebihnya biar foto dan video yang bercerita.

Klik foto untuk melihat galeri.

Yulong Mountain / Jade Dragon Snow Mountain - Lijiang, China
« 1 dari 66 »


Cara Top Up Gopay Gratis Tanpa Biaya Admin Rp. 1.000


Cara Top Up Gopay Gratis Tanpa Biaya Admin Rp. 1.000, Tutorial Top Up Gopay Gratis Tanpa Biaya Admin Rp. 1.000, Cara Isi Saldo Gopay Gratis Tanpa Biaya Admin Rp. 1.000

Kamu salah satu pengguna setia Gopay? Sering top up tapi lama kelamaan merasa kikir juga untuk membayar biaya admin Rp. 1.000 yang dibebankan kepada pengguna pada setiap kali top up.

Nih saya kasih tau caranya supaya kamu gak perlu lagi bayar biaya admin Rp. 1.000 pada setiap kali top up saldo Gopay.

Pertama. Kamu harus download dulu salah satu aplikasi penyedia jasa transfer antar bank gratis ini. Kamu bisa pilih OY! Indonesia.

Setelah mendownload salah satu aplikasi penyedia jasa transfer antar bank gratis tersebut, silahkan mendaftar dan lakukan verifikasi data kamu hingga akun kamu dibuka menjadi full service.

Setelah akun kamu diverifikasi, kamu bisa melakukan transfer antar bank gratis melalui aplikasi tersebut.

Lalu jika kamu ingin top up saldo Gopay, silahkan ikuti langkah dibawah ini.

  1. Buka aplikasi OY! Indonesia.
  2. Silahkan isi dulu nomer rekening bank kamu sebagai sumber dana aplikasi OY! Indonesia untuk melakukan transfer.
  3. Setelah nomer rekening kamu lengkapi, lalu pilih menu transfer.
  4. Select Recipient.
  5. Lalu pilih Bank Permata.
     
    Cara Top Up Gopay Gratis Tanpa Biaya Admin Rp. 1.000
    Select Recipient
  6. Lalu masukin nomer rekening Bank Permata Gopay kamu. Nomernya adalah 898+Nomer HP kamu yang terdaftar di akun Gopay kamu. Contoh. 8980818111111.
     
  7. Lalu isi nominal berapa yang ingin kamu transfer. Pilih sumber dana. Pilih untuk keperluan apa. Tulis keterangan jika perlu. Lalu klik continue.
     
  8. Select Transfer Method. Pilih Virtual Account aja yang gratis biaya admin.
     
  9. Setelah itu kamu akan masuk ke halaman instruksi transfer. Kamu akan diminta melakukan transfer ke rekening virtual account OY! Indonesia.
     
  10. Lakukan transfer dari akun bank yang sudah kamu pilih sesuai intruksi diatas. Lalu setelah transfer, seketika itu pula saldo Gopay kamu akan terisi sejumlah yang kamu transfer tanpa biaya admin Rp. 1.000 yang dikenakan Gopay.
     
    Notifikasi saat top up Gopay sudah berhasil.