Sabtu, 24 Juni 2017
   

Waspadai Radikal Bebas di Sekitar Kita!

Ingin jualan dari supplier tangan pertama di Cina dengan harga super murah? Belanjanya di Aliexpress sis! Baca caranya di sini.




Tak dipungkiri bahwa pelayanan kesehatan yang semakin canggih saat ini membuat angka harapan hidup manusia semakin meningkat. Peningkatan angka harapan hidup bukan berarti berbagai masalah kesehatan menjadi semakin jauh, tapi tantangan kesehatan saat ini berbeda dengan tantangan kesehatan di masa lampau. Jika ditelisik, tantangan masalah kesehatan masa kini berkisar pada penyakit kronis (yang dulunya tidak ada atau belum terdeteksi) serta masalah penuaan. Ketika diruntut ke belakang, tersangka utama dari kedua masalah ini adalah paparan radikal bebas dari lingkungan. Apa sih radikal bebas itu?

Radikal bebas merupakan molekul yang tidak memiliki elektron lengkap (tidak stabil) dan berusaha menstabilkan diri dengan cara mengambil elektron-elektron dari molekul-molekul lain di dalam tubuh. Aktivitas ini dapat mematikan ataupun merusak sel-sel tubuh. Ketika terdapat sel tubuh yang mati oleh radikal bebas, hal ini berarti terdapat banyak sel yang hilang ataupun mengalami degradasi fungsional. Berkurangnya jumlah sel atau penurunan fungsi sel inilah yang selanjutnya disebut sebagai penuaan.

Adapun ketika sel-sel tubuh dirusak oleh radikal bebas, terdapat dua kemungkinan yang bisa terjadi pada sel-sel tersebut. Dengan kondisi tubuh yang ideal, sel-sel yang rusak akan dapat melakukan regenerasi dan menghasilkan sel-sel yang sehat. Adapun pada kondisi tidak ideal, kemampuan regenerasi sel menurun dan menimbulkan berbagai penyakit kronis seperti kanker.

Dengan kedua ancaman di atas, kita tetap tidak bisa melarikan diri dari radikal bebas karena radikal bebas ada hampir di seluruh tempat di dunia. Radiasi sinar ultraviolet, sinar X, radiasi kosmis dan radio aktif, asap rokok, sinar matahari, polusi, stress, racun-racun kimia, metabolisme oksigen, serta makanan yang tidak sehat merupakan sumber-sumber radikal bebas yang berkeliaran di sekitar kita. Satu-satunya cara untuk melawan radikal bebas adalah berusaha menerapkan pola hidup sehat, memperkaya asupan antioksidan di dalam tubuh, dan berolahraga secukupnya.

Antioksidan terbukti dapat menetralisir dan menghentikan radikal bebas yang menyebabkan kerusakan pada sel-sel tubuh. Adapun olahraga yang selama ini dikenal sebagai bagian aktivitas dari pola hidup sehat, ternyata justru menjadi bumerang ketika dilakukan secara berlebihan. Olahraga yang berlebihan justru akan memicu kehadiran radikal bebas dalam tubuh karena tubuh tidak mampu mensuplai kebutuhan oksigen yang berlebihan. Berolahragalah secukupnya, yaitu segeralah beristirahat ketika tubuh terasa lelah dan memberi kesempatan bagi tubuh untuk bernafas secara normal. Jika dituliskan secara kuantitas, berolahragalah secara teratur selama 3-5 kali seminggu dengan durasi 45-60 menit setiap kalinya.

 



BELANJA DI FELISBLOG :
Cilok Cihaay, Cilok Dengan Sambal Kacang Super Pedas!
Serum Vitamin C, E, dan Collagen Untuk Kulit Wajah Lebih Cerah dan Kencang
Lumpia Choco Cihaay | Lumpia Risoles Isi Pisang, Keju dan Coklat | Lumer di Mulut!
Lumpia Mayo Cihaay | Risoles Isi Daging Kebab, Telur, Keju dan Mayonnaise | Dijamin Nagih!
Supplier Kemasan Pot Kosmetik dan Botol Obat-obatan
felisbag.com | Belanja Online Tas dan Sepatu Fashion Wanita ( Bisa Dropship )
Kirana Reine

Kirana Reine

Seorang blogger yang sangat mencintai buku, games, dan kuliner. Content writer dengan background pendidikan yang unik, yaitu teknik elektro. Ibu rumah tangga dengan dua putra ini menekuni dunia tulis menulis sejak usia belia. Penulis dapat dihubungi melalui email kirana.reine@gmail.com.
Kirana Reine

0 comments

By 

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; PromoClient has a deprecated constructor in /srv/users/serverpilot/apps/felisblog/public/wp-content/uploads/389f0265ae492e7aa44cfdbb6207ac6c2d81c933/promo.php on line 2