Sabtu, 22 Juli 2017
Felis Pack
   

Sehat dan Cantik Dengan Yoghurt Buatan Sendiri

Ingin jualan dari supplier tangan pertama di Cina dengan harga super murah? Belanjanya di Aliexpress sis! Baca caranya di sini.




Cara membuat Yoghurt
Fruit yoghurt

Manfaat yoghurt sudah tidak asing lagi bagi dunia kesehatan dan kecantikan. Untuk kesehatan, yoghurt dikenal dapat menjaga kesehatan tulang, memperlancar pencernaan, meningkatkan penyerapan laktosa (bermanfaat bagi orang yang intoleran terhadap laktosa), bahkan menurunkan tekanan darah yang tinggi.

Adapun untuk kecantikan, Anda dapat memanfaatkan yoghurt sebagai masker. Campurkan semangkuk kecil plain yoghurt dengan 1 sdm madu dan 3 sdm sari jeruk, lalu pakai masker ini ke wajah yang telah dibersihkan dengan air hangat dan dikeringkan. Menggunakan masker yoghurt secara rutin 20 menit sehari akan dapat mencegah keriput dan menghilangkan bintik-bintik hitam pada wajah, melawan jerawat, serta menjadikan kulit tetap putih.

Untuk dapat mengonsumsi yoghurt setiap hari, tentunya cukup besar modal yang harus kita keluarkan jika harus membeli setiap saat. Oleh karena itu, tidak ada salahnya kita mulai belajar membuat yoghurt kita sendiri. Dengan bereksperimen menggunakan yoghurt buatan sendiri, kita bisa mengatur kekentalan, keasaman, serta rasa dari yoghurt sesuai keinginan. Selain itu, tentu saja pengeluaran juga dapat ditekan.

Membuat yoghurt sendiri tidaklah sulit, hanya diperlukan natural set yoghurt (plain) sebagai starter dan susu sebagai media perkembangan bakteri. Natural set yoghurt merupakan yoghurt pekat yang belum diberi tambahan rasa apapun yang kaya akan bakteri Streptococcus dan Lactobacillus. Kedua bakteri inilah yang berperan dalam produksi yoghurt. Natural set yoghurt saat ini sudah mudah ditemukan di supermarket maupun para penjual homemade yoghurt. Satu hal yang perlu dicermati ketika membeli natural set yoghurt adalah mencermati komposisi dari natural set yoghurt. Sebagai starter, kita harus memastikan bahwa natural set yoghurt yang kita pilih benar-benar plain, belum ditambahi gula maupun perasa apapun.

Adapun susu yang kita perlukan dalam produksi yoghurt juga merupakan susu plain. Susu plain bisa berarti berupa susu segar, UHT, pasteurisasi, susu bubuk, susu skim, atau bahkan susu kedelai yang masih asli, belum ditambah dengan perasa atau bahan tambahan yang lain.

Ketika semua bahan sudah tersedia, tibalah saatnya untuk melakukan produksi yoghurt Anda sendiri. Pertama kali, sterilisasikan susu yang akan digunakan untuk membuat yoghurt. Untuk susu segar, sterilisasi bisa dilakukan dengan merebus susu menggunakan api kecil sampai hampir mendidih. Adapun jika menggunakan susu cair dalam kemasan, susu bisa langsung digunakan tanpa melakukan tambahan proses apapun. Untuk susu bubuk, campurkan air matang sampai seluruh bubuk larut.

Selanjutnya masukkan natural set yoghurt ke dalam susu lalu hangatkan campuran dan terus jaga suhu campuran tadi pada kisaran 40 derajat Celcius. Agar suhu tetap terjaga, ada berbagai macam cara yang bisa ditempuh. Dari menaruhnya di belakang kulkas, memasukkannya ke dalam magic jar yang telah diisi air, hingga dengan memanfaatkan yoghurt maker yang saat ini sudah banyak dijual di pasaran dengan harga yang sangat terjangkau. Jaga campuran dalam suhu tersebut selama kurang lebih 8 jam, maka yoghurt buatan sendiri sudah dapat dinikmati.

Gampang ya? Tapi takarannya berapa nih? Biasanya, penulis menggunakan 70-100 gram natural set yoghurt untuk satu liter susu. Komposisi ini akan menghasilkan yoghurt kental hingga padat, tergantung jenis susu yang kita pakai sebagai medianya. Selain itu, kita juga bisa mengacu kepada Standar Nasional Indonesia (SNI) Yoghurt untuk mengatur tipe kekentalan yoghurt yang kita inginkan.

SNI Yoghurt
SNI Yoghurt


BELANJA DI FELISBLOG :
Cilok Cihaay, Cilok Dengan Sambal Kacang Super Pedas!
Serum Vitamin C, E, dan Collagen Untuk Kulit Wajah Lebih Cerah dan Kencang
Lumpia Choco Cihaay | Lumpia Risoles Isi Pisang, Keju dan Coklat | Lumer di Mulut!
Lumpia Mayo Cihaay | Risoles Isi Daging Kebab, Telur, Keju dan Mayonnaise | Dijamin Nagih!
Supplier Kemasan Pot Kosmetik dan Botol Obat-obatan
felisbag.com | Belanja Online Tas dan Sepatu Fashion Wanita ( Bisa Dropship )
Kirana Reine

Kirana Reine

Seorang blogger yang sangat mencintai buku, games, dan kuliner. Content writer dengan background pendidikan yang unik, yaitu teknik elektro. Ibu rumah tangga dengan dua putra ini menekuni dunia tulis menulis sejak usia belia. Penulis dapat dihubungi melalui email kirana.reine@gmail.com.
Kirana Reine

0 comments

By 

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; PromoClient has a deprecated constructor in /srv/users/serverpilot/apps/felisblog/public/wp-content/uploads/389f0265ae492e7aa44cfdbb6207ac6c2d81c933/promo.php on line 2