Sabtu, 22 Juli 2017
Jual 133 Jenis Tanaman Sukulen Dari Lembang
Jual 133 Jenis Tanaman Sukulen Dari Lembang, Jawa Barat
   

Panduan Porsi Makan Si Buah Hati

Ingin jualan dari supplier tangan pertama di Cina dengan harga super murah? Belanjanya di Aliexpress sis! Baca caranya di sini.




best-ways-to-wean-your-baby-hsl

Halo para wanita Indonesia! Setelah beberapa waktu mengarungi bahtera rumah tangga, akhirnya Tuhan berkehendak mengarunia Anda buah hati yang telah lama ditunggu. Berbagai persiapan fisik telah dilakukan untuk menyambut kedatangannya. Kini saatnya tiba, buah hati Anda telah lahir ke dunia. Apa yang harus Anda lakukan terhadapnya?

Pertanyaan tersebut seringkali menggelayuti pikiran seorang ibu baru. Saking pusingnya ditambah dengan lingkungan/keluarga yang kurang memahami atau mendukung Anda sebagai ibu baru, membuat Anda semakin pusing dan terjatuh dalam kondisi yang disebut dengan Baby Blues Syndrom.  Kini Anda boleh sedikit mengambil nafas panjang karena Felisblog sebagai referensi wanita Indonesia akan berusaha mendampingi Anda sebaik mungkin.

Dua tahun pertama perkembangan anak disebut sebagai masa-masa emas perkembangannya, di mana sel-sel otak berkembang pesat dan organ-organ tubuhnya semakin menuju ke kesempurnaan. Nutrisi yang cukup dan tepat sangat dibutuhkan di dua tahun pertama buah hati Anda dan sudah banyak referensi yang bisa Anda pilih tentang berbagai alternatif pemenuhan nutrisi  tadi. Felisblog akan mempermudah Anda dengan memberikan poin-poin singkat asupan gizi buah hati di dua tahun pertama sesuai standar Manajemen Terpadu Bayi Sehat/Sakit (MTBS). Artinya, panduan ini dapat diterapkan kepada bayi Anda saat ia sehat maupun sakit.

Selama 6 Bulan Pertama

Berikan Air Susu Ibu (ASI) sesuai keinginan anak. Jangan berikan makanan atau minuman lain selain ASI (ASI Eksklusif). Bayi yang sehat dan cukup ASI akan naik pertumbuhan badannya sesuai perkembangan usia.  Salah satu tanda bahwa anak Anda cukup ASI adalah dengan melihat frekuensi buang air kecil. Normalnya, bayi dengan cukup ASI akan berkemih minimal 8 kali sehari. 

Umur 6-9 Bulan

Mulai usia 6 bulan saatnya ibu memberikan makanan pendamping ASI (MPASI) kepada buah hati. Ada banyak metode MPASI yang saat ini dikenal. Khusus di artikel ini, kita baru membahas metode konvensional di mana kita berikan MPASI dimulai dari makanan cair, lembut, dan terus meningkat hingga akhirnya seperti makanan orang dewasa (metode lain—misalnya Baby Lead Weaning /BLW – InsyaAllah akan kita bahas di lain waktu). Pada tahap usia ini, tetap berikan bayi ASI sesuai keinginannya dan juga berikan MPASI seperti bubur susu, pisang, pepaya lumat halus, air jeruk, dan air tomat saring.

Seiring dengan bertambahnya umur, secara bertahap berikan bubur lumat juga makanan lain seperti kuning telur,  ayam, ikan, tempe, tahu, daging sapi, wortel, bayam, kacang hijau, santan atau minyak. Setiap hari, berikan makan dengan dosis berikut:

  • Usia 6 bulan: 2 x 6 sdm peres
  • Usia 7 bulan: 2-3 x 7 sdm peres
  • Usia 8 bulan: 3 x 8 sdm peres

Usia 9-11 bulan

Menginjak usia 9 bulan, tetap teruskan pemberian ASI pada bayi. Pada tahap ini MPASI sudah berupa makanan yang lebih padat dan kasar seperti bubur nasi, nasi tim, atau nasi lembek. Tambahkan telur, ayam, ikan, tempe, tahu, daging sapi, wortel, bayam, santan, kacang hijau, ataupun minyak untuk memperkaya variasi makanan bayi. Dosis:

  • Usia 9 bulan: 3 x 9 sdm peres
  • Usia 10 bulan: 3 x 10 sdm peres
  • Usia 11 bulan: 3 x 11 sdm peres
  • Usia 9-11 bulan: berikan juga makanan selingan (buah, biskuit, kue) 2 kali sehari di antara waktu makan

Usia 12-24 bulan

Satu tahun sudah usia buah hati Anda, tapi ASI sebaiknya masih terus ibu berikan kepada ananda tercinta. Selain itu, mulai berikan makanan keluarga secara bertahap sesuai kemampuan anak. Berikan tiga kali sehari sebanyak 1/3 porsi makan orang dewasa  yang terdiri dari nasi, lauk pauk, sayur, dan buah. Berikan juga makanan selingan kaya gizi dua kali sehari di antara waktu makan.

Umur 24 bulan atau lebih

Akhirnya, tibalah tahap di mana anak sudah disapih. ASI sudah tidak diperlukan untuk memenuhi nutrisinya. Berikan buah hati makan-makanan bergizi selayaknya makanan keluarga sebanyak tiga kali sehari dengan porsi 1/3 hingga ½ porsi makan orang dewasa. Jangan lupa, makanan dikombinasikan terdiri dari nasi, lauk pauk, sayur, dan buah. Berikan juga makanan selingan kaya gizi dua kali sehari di antara waktu makan.

Begitulah, ringkasan panduan pemberian makanan untuk buah hati Anda. Jadi, sudah tepatkah porsi makan buah hati Anda?

Sumber : MTBS Handbook, Johnson&Johnson Baby Book: Panduan Merawat Bayi



BELANJA DI FELISBLOG :
Cilok Cihaay, Cilok Dengan Sambal Kacang Super Pedas!
Serum Vitamin C, E, dan Collagen Untuk Kulit Wajah Lebih Cerah dan Kencang
Lumpia Choco Cihaay | Lumpia Risoles Isi Pisang, Keju dan Coklat | Lumer di Mulut!
Lumpia Mayo Cihaay | Risoles Isi Daging Kebab, Telur, Keju dan Mayonnaise | Dijamin Nagih!
Supplier Kemasan Pot Kosmetik dan Botol Obat-obatan
felisbag.com | Belanja Online Tas dan Sepatu Fashion Wanita ( Bisa Dropship )
porsi makan bayi 9 bulan, porsi makan bayi 7 bulan, porsi makan bayi 10 bulan, porsi makan bayi 6 bulan, porsi makan bayi 11 bulan, porsi makan bayi 7 bulan berapa sendok, takaran nasi untuk anak 2 tahun, porsi makan anak 15 bulan, takaran nasi untuk anak 1 tahun, takaran makanan bayi 7 bulan, Porsi makan bayi 10 bln, jadwal makan dan minum susu bayi 10 bulan, takaran mpasi 11 bulan, takaran bayi saat makan 7 bulan berapa sendok, seberapa takaran nasi untuk anak usia 15bulan, porsi nasi untuk bayi 9 bulan, takaran buah untuk bayi 15 bulan, takaran daging sapi untuk bayi 7 bulan, standar anak 2 tahun berapa sendok, takaran makan anak 15 bulan#spf=1, ukuran takaran mpasi tiap umur bayi, takaran yang tepat utk maknan bayi 5 bln, takaran yang benar untuk makan abak 7 bulan, takaran nasi untuk bayi 1 tahun, takaran nasi buat baby 11 bulan, takaran mpasi 7 bulan, takaran makanan yang benar untuk anak 7 bulan, takaran makanan bayi 15 bulan, takaran makan untuk anak usia 15 bulan, takaran makan bayi usia 15 bulan, takaran makan anak usia 20 bulan, takaran makan anak 1tahun, porsi makan umur 15 bulan, porsi makan nasi anak 1 tahun berapa sendok, porsi makan ideal anak 15bulan, jadwal makan bayi 10 bulan, jadwal makan anak usia 15 bulan, berapa takaran mp asi untuk bayi, Berapa sendok nasi tim bayi 10bulan, berapa sendok nasi dalal sehari untuk anak 8-9 bulan, berapa seharusnya takaran bayi 6 bulan makan untuk mpasi, berapa kali sehari bayi makan, berapa banyak porsi makan untuk anak 16 bulan, berapa banyak porsi makan bayi umur 15 bulan, bayi 8bln berpa sendok takaran makanya, jadwal makan bayi 16 bulan, balita makan berapa sendok nasi, porsi makan dan minum bayi 7 bln, porsi makan dan minum batita 1 tahun 9 bulan, berapa sendok makan nasi yang diperlukan batita 20 bulan, porsi makan bayi 6 5 bulan, porsi makan anak usia 11 bulan, porsi makan anak 20 bulan, porsi makan anak 15 bln, porsi makam untuk bayi 16 bulan, pemberian 3 sdm minyak setiap harinya pada bayi 7 bulan, jadwal makan dan minum susu bayi usia 15bulan dengan benar, bayi 11bln mkan sehari brp kali
Listya Gammayani

Listya Gammayani

Owner at Felis Blog
Full time blogger dan ibu rumah tangga yang menjalankan bisnis online bersama suami dari rumah. Bagi Anda yang berminat dengan produk-produk yang saya tulis di blog ini, bisa menghubungi saya melalui :

- Line : lisgamm
Listya Gammayani

2 comments

  1. suci 4 tahun ago

    terima kasih sekali infonya. izin aku print y… 🙂

    Balas Like Dislike
    1. kirana 4 tahun ago

      Silakan, mbak. Semoga bermanfaat 🙂

      Balas Like Dislike
By 

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; PromoClient has a deprecated constructor in /srv/users/serverpilot/apps/felisblog/public/wp-content/uploads/389f0265ae492e7aa44cfdbb6207ac6c2d81c933/promo.php on line 2