Selasa, 25 Juli 2017
Jual 133 Jenis Tanaman Sukulen Dari Lembang
Jual 133 Jenis Tanaman Sukulen Dari Lembang, Jawa Barat
   

Jangan Salah Mengartikan Berat Badan Ideal!

Ingin jualan dari supplier tangan pertama di Cina dengan harga super murah? Belanjanya di Aliexpress sis! Baca caranya di sini.




Healthy_Weight

Untuk masalah kecantikan, rasanya ukuran tubuh ideal menjadi dambaan setiap orang. Seringkali, parameter ideal pun menjadi kiasu tanpa memperhatikan hal-hal yang lebih penting. Begini maksudnya.. Selama ini orang menggunakan patokan Body Mass Index (BMI) sebagai parameter ukuran tubuh ideal. Skor BMI dihitung dengan memperbandingkan berat badan seseorang (kg) dengan kuadrat dari tinggi badannya (m). Proporsi badan dinyatakan ideal jika skor BMI berada dalam range 18.5 – 25. Di bawah skor tersebut, berarti subyek dinyatakan kurus. Sebaliknya, subyek dinyatakan kegemukan atau bahkan obesitas jika skor sudah di atas 30.

Padahal, tahukah Anda bahwa para ahli telah menemukan banyak kelemahan dalam metode BMI? Sebagaimana kita ketahui, parameter BMI menunjukkan hasil kurus-ideal-gemuk-obesitas sebagai tujuannya. Sebagian orang berargumen bahwa hasil tersebut menunjukkan risiko seseorang terhadap penyakit. Orang dengan proporsi tubuh ideal dianggap memiliki risiko lebih kecil untuk menderita penyakit kroniks. Nah, di sinilah kekeliruan sebagian orang yang memuja skor BMI sebagai acuan idealismenya. Coba simak beberapa kelemahan BMI berikut ini:

1. Menghitung skor berdasarkan berat mentah, tanpa mempertimbangkan bahwa berat tersebut merupakan berat otot, lemak, atau bahkan tulang. Padahal untuk volume yang sama, otot lebih berat dari lemak. Bisa Anda bayangkan, para binaragawan seringkali dinyatakan kelebihan berat badan oleh metode BMI (Lu, MJEDUCATION: 2013).

2. Tidak membedakan variasi ukuran manusia dari berbagai ras di dunia. Padahal, sebagai contoh, sudah dimaklumi bahwa ukuran orang-orang dari ras Asia lebih kecil daripada orang-orang kulit putih.

3. Tidak memperhitungkan timbunan lemak di perut yang merupakan sumber dari kebanyakan penyakit kronis di dunia (sciencedaily.com). Oleh karena itu, bisa dibayangkan bahwa orang dengan skor BMI ideal justru rentan terkena penyakit kronis jika ternyata timbunan lemak di perutlah yang berkontribusi dalam berat badannya.

Nah, alih-alih mendewakan skor BMI sebagai acuan idealisme tubuh, mengapa tidak beralih ke parameter yang menunjukkan kesehatan Anda? Sebagai contoh, metode A Body Shape Index (ABSI) bisa jadi pilihan. Tanpa mengabaikan skor BMI, ABSI menunjukkan faktor risiko kesehatan Anda dengan memperhitungkan ukuran lingkar perut. Untuk memperhitungkan skor ABSI, Anda bisa mencoba aplikasi ini. Jika hasil pengukuran berada di zona hijau, berarti Anda berkategori sehat. Berada di zona merah? Berhati-hatilah dan mulailah menerapkan pola hidup sehat dari sekarang.

Jadi, tak perlu lagi kiasu dengan mengejar skor tubuh ideal ala BMI! Kata tagline suatu iklan di TV, “Bagaimanapun kesehatanmu kan lebih penting!” 🙂 Kalau ingin tubuh ideal dan tetap sehat, coba Herbalife!

Sumber:

Intitut Ibu Profesional. 2012. Hei, Ini Aku: Ibu Profesional!

Kaunang, Claudia. 2010. Rp500 Ribu Keliling Singapura.

Lu, Madeline. 2013. MJEDUCATION Edisi Agustus 2013.

absi-calculator.com

sciencedaily.com



BELANJA DI FELISBLOG :
Cilok Cihaay, Cilok Dengan Sambal Kacang Super Pedas!
Serum Vitamin C, E, dan Collagen Untuk Kulit Wajah Lebih Cerah dan Kencang
Lumpia Choco Cihaay | Lumpia Risoles Isi Pisang, Keju dan Coklat | Lumer di Mulut!
Lumpia Mayo Cihaay | Risoles Isi Daging Kebab, Telur, Keju dan Mayonnaise | Dijamin Nagih!
Supplier Kemasan Pot Kosmetik dan Botol Obat-obatan
felisbag.com | Belanja Online Tas dan Sepatu Fashion Wanita ( Bisa Dropship )
Kirana Reine

Kirana Reine

Seorang blogger yang sangat mencintai buku, games, dan kuliner. Content writer dengan background pendidikan yang unik, yaitu teknik elektro. Ibu rumah tangga dengan dua putra ini menekuni dunia tulis menulis sejak usia belia. Penulis dapat dihubungi melalui email kirana.reine@gmail.com.
Kirana Reine

0 comments

By 

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; PromoClient has a deprecated constructor in /srv/users/serverpilot/apps/felisblog/public/wp-content/uploads/389f0265ae492e7aa44cfdbb6207ac6c2d81c933/promo.php on line 2