Minggu, 14 Februari 2016
  • Felis Pack
   

Ini Dia Rahasia Membuat Cireng

Cireng
Cireng

Siapa tak kenal cireng alias aci goreng? Makanan ini hampir selalu dapat ditemukan di pedagang gorengan. Dengan berbagai variasi cireng saat ini, mulai bermunculan took-toko atau outlet yang khusus menjual cireng. Cireng pun dimodifikasi dengan berbagai isian serta bentuk. Harga cireng pun semakin beragam tergantung dari kualitas dan popularitasnya.

Bagi penggemar cireng, banyak yang penasaran bagaimana sebenarnya cara membuat cireng. Mbah Google pun kebanjiran pertanyaan dari penggemar cireng yang mencari resep membuat cireng goreng. Tak sedikit para penggemar yang kecewa karena gagal di percobaan pertama. Masalah klasik yang sering terjadi saat membuat cireng adalah:

  1. Adonan terlalu elastis sehingga sulit dibentuk ataupun diisi
  2. Setelah digoreng, cireng terlalu keras dan alot
  3. Adonan mudah dibentuk, tapi tekstur cireng kurang liat

Setelah melalui beberapa kali percobaan, penulis dapat menganalisis penyebab dari ketiga masalah di atas. Semuanya bermuara pada proporsi adonan yang kurang tepat. Bahan dasar pembuat cireng adalah tepung kanji dan tepung terigu. Ada perbedaan pendapat di daerah ibukota, Jakarta, tentang hakikat dari tepung kanji. Ada yang mengatakan tepung kanji adalah tepung tapioka, ada juga yang mengatakan bahwa tepung kanji adalah tepung sagu. Pendapat manapun yang kamu pilih, tidak masalah. Keduanya memiliki tekstur liat setelah dimasak, pas untuk dibuat cireng.

Adonan Cilok / Cireng
Adonan Cilok / Cireng

Masalah nomor 1 dan nomor 2 terjadi apabila proporsi tepung kanji terlalu berlebihan sehingga tekstur sangat elastis dan lembek. Adonan menjadi sulit dibentuk ataupun diisi. Uniknya, jika adonan tersebut digoreng, hasilnya justru alot sekali. Cireng jenis ini masih bisa dikonsumsi saat panas, tetapi bisa sekeras batu saat sudah dingin. Adapun masalah nomor 3 terjadi apabila proporsi tepung terigu lebih banyak daripada tepung kanji. Adonan memang mudah dibentuk, diisi, maupun dimakan saat cireng dingin tapi cireng jenis ini bagai kehilangan karakteristik cireng yang agak liat saat digigit.

Dari analisis di atas, kini proporsi seperti apakah yang paling tepat untuk membuat adonan cireng? Berdasarkan pengalaman penulis, perbandingan tepung kanji dan tepung terigu untuk cireng yang ideal adalah 3:1 alias tiga bagian tepung kanji dicampur dengan 1 bagian tepung terigu. Bumbu-bumbunya? Pada dasarnya cukup ditambahkan lada yang telah dihaluskan dan garam. Kamu bisa berimprovisasi untuk menciptakan cireng terenak versi kamu. Misalnya, tambahkan santan dalam adonan cireng untuk menciptakan sensasi rasa yang gurih dan lebih lembut. Demikian juga dengan isian, kamu bisa mengisi cireng dengan bahan apapun sesuai selera kamu.

Jadi, sudah siap membuat cirengmu sendiri?┬áJika belum, order aja di sini. Kita jual lho cilok siap saji yang muuaknyus rasanya….

Dibuat dari bahan alami tanpa pengawet. Fresh from the oven.
Dibuat dari bahan alami tanpa pengawet. Fresh from the oven.
Cilok Cihaay Dalam Kemasan
Cilok Cihaay Dalam Kemasan
Cilok disajikan bersama sambel kacang yang pedas. Piring di sebelah kiri cilok yang direbus. Piring sebelah kanan cilok yang digoreng.
Cilok disajikan bersama sambel kacang yang pedas. Piring di sebelah kiri cilok yang direbus. Piring sebelah kanan cilok yang digoreng.

Yang berminat order bisa langsung kontak kita di bawah ini :

Listya Gammayani

PIN BBM : 7CE2BDC5
SMS / Whatsapp : 089665666919
Line : lisgamm

Ratna Komala Sari

PIN BBM : 7A340354
SMS / WA : 085691119288
Line : ratnaneneng

 

Lokasi :

Reni Jaya E. 6 No. 6 Depok - Jawa Barat
Reni Jaya E. 6 No. 6 Depok – Jawa Barat

 



BELANJA DI FELISBLOG :
Cilok Cihaay, Cilok Dengan Sambal Kacang Super Pedas!
Serum Vitamin C, E, dan Collagen Untuk Kulit Wajah Lebih Cerah dan Kencang
Herbalife Aqua Shampoo Untuk Mengusir Ketombemu Yang Akut!
Supplier Kemasan Botol dan Pot Untuk Kosmetik dan Obat-obatan
Tas dan Sepatu Fashion Wanita Impor
resep cireng crispy, resep cireng empuk tidak alot, membuat cireng, resep adonan cireng, tips membuat cireng agar tidak keras, cara membuat cireng agar tidak keras, buat cireng supaya tidak keras, kue cireng, cara membuat adonan cireng, kenapa cireng keras, ###########, resep cireng salju, cara membuat cireng lembut, resep cireng lembut, resep cireng renyah dan garing, cara membuat cireng agar tidak alot, cara membuat cireng garing, cara membuat cireng yg lembut, cireng jadi lembek, penyebab cireng keras, rahasia cireng renyah, resep cireng agar tidak alot, resep cireng enak dan empuk, resep cireng garing, resep cireng kriwil, adonan cilok agar tidak keras, adonan cireng yang baik, adonan gorengan supaya tdk l lembek, agar adonan cireng tahan lama, agar adonan cireng tidak lembek, agar cireng tahan lama, agar cireng tidak alot, agar cireng tidak keras, Aku mau jualan cimol resep cimol gurih dan renyah dan tahan lama ga mudah kempes, bagaimana caranya cireng agar tetap awet tidak lumer selain bhan pengawet, biar cireng gak cepet alot pake apa, bikin cimol awet bulat, buat cireng memakai tepung apa, buat cireng yang benar, campuran supaya cireng d goreng g lembek, cara adonan cireng biar gak terlalu keras, cara adonnin aci supaya bagus, Cara agar adonan cireng awet lama, cara agar adonan tepung tidak keras, Cara agar tepung kanji mengembang saat digoreng, cara bikin cimol kering dan obat atau rahasya nya?, cara bikin cireng agar tidak keras, cara bikin cireng biar tidak alot, cara bikin cireng dan cimol simpel tanpa santan, Cara bikin cireng enggak benyek, cara bikin cireng klasik, cara bikin cireng rujak, cara bikin cireng untuk di jual agar awet, cara bikin ciring salju tahan lama, Cara bikin lepek tepung kanji, cara buat cireng anti gagal yg simple, cara buat cireng biar tidak, cara buat cireng crispy, cara membua adonan tepung kanji, cara membuat adonan cireng supaya tetap ngembang dan tidak lembek, cara membuat adonan gorengan agar tidak alot kalo dingin, cara membuat cimol agarbtidak bantat, cara membuat cireng, cara membuat cireng agar mengembang, cara membuat cireng agar tidak berminyak, cara membuat cireng agar tidak jadi lembek diwaktu cireng sudah dingin, cara membuat cireng agar tidak keras dan taan lama, cara membuat cireng empuk tidak alot, cara membuat cireng enak empuk kenyal, cara membuat cireng isi agar mengembang, cara membuat cireng salju crispy, cara membuat cireng supaya tidak ciut, cara membuat cireng tanpa melempem, cara membuat cireng tanpa sagu dan tepung kanji, cara membuat cireng tidak alot, cara membuat cireng tidak lembek ketika dingin, cara membuat cireng yg alot, cara membuay cireng lembut, cara mengawetkan roti cireng tanpa bahan pengawet, cara mengemas rujak cireng, Cara menggoreng cireng agar klo dingn tidak keras/alot, cara mengolah adonan cireng yang gagal, cara menyimpan cimol, Cara mmbuat cireng isi tahan lama dlm kemasan, cara mmbuat cireng molor, carabuatcirengmenggunakantepungaci, cilok yang belum di rebus, Cimol biar ga cepet kempes dan bantet, cimol pedas kemasan, Cireng bulat anti melempem, Cireng bulat tidak melempem, cireng renyah empuk tanpa santan, cireng tidak lembek, Gambar packing cireng, gmana cra buat cilok cireng, guna telur pada cireng, kanji yerlalu banyak keras, kenapa adonan cireng bisa bantet, Kenapa cilok bisa menjadi keras dan susah di gigit, kenapa Cireng cepat lembek, kenapa setiam membuat cireng tidak bisa krispi dan kenyal, mengapa adonan cireng sagu lembek dan susah dibentuk?, mengapa cimol susah digigit, menyiasati adonan cilok yang lembek, mmbuat adonan cireng supy tdk alooot klw dingin, penyebab bikin cireng keras, penyebab cireng, penyebab cireng crispy lembek setelah dingin, penyebab cireng jadi keras, perbandingan adonan cireng agar renyah, Perbandingan sagu dan terigu, Perbandingan tepung kanji dan tepung terigu dalam membuat cireng, Perbandingan terigu sama aci resep cireng isi, perlukah cireng pake terigu?, rahasia adonan cireng, rahasia buat cireng agar lejat, RAHASIA CILUNG ENAK, Rahasia cimol biar ngembang, rahasia cimol tetap putih, rahasia cireng, rahasia cireng empuk, rahasia cireng tidak alot, resep aci supaya tidak bantet, Resep agar cireng isi enak dan empuk, Resep bikin cireng biar sudah dingin gak lembek, resep buat cireng tepung roti, resep buat gorengan dari tepung tapioka bisa mengembang, resep cara membuat cilok yg enak bila dingin tidak keras, resep cilung sagu gurih kenyal tanpa telur, resep cimol agar tidak alot, resep cimol biar ga lembek, resep cimol supaya tidak melempem, resep cireng agar tidak keras, resep cireng agar tidak liat, resep cireng anti gagal, resep cireng biar tetap empuk saat dingin, resep cireng emp, resep cireng empuk renyah, resep cireng empuk tanpa santan, resep cireng ga keras, resep cireng garing dan renyah, resep cireng krispi ngembang, resep cireng lembut dan garing, resep cireng lembut dan gurih, resep cireng renyah mengembang, resep cireng salju depok, resep cireng salju lembut, resep cireng supaya tidak lembek, resep cireng yg empuk, resep membuat cireng anti gagal, resep membuat cireng isi anti gagal, resep rahasia cireng brexcele, Resep rahasia dan cara membuat cireng, resep rujak cireng awet renyah, sulitnya membuat cireng yang benar, supaya cireng tidak, supaya cireng tidak alot, tekstur adonan cireng, Tepung apa yang paling baik buat cireng, tepung terigu yg cocok buat cireng, terigusamaaci, Tip dan cara membuat cireng empuk dan tidak alot, tip sale goreng agar empuk, tips agar cireng crispy, tips agar cireng mengembang, tips agar cireng tidak keras, tips agar sukses buat cilok, tips agar tepung mudah dibentuk, tips cireng empuk tahan lama, tips memasak cireng yang kurih tahan lama, tips membuat adonan cireng supaya mengembang, tips membuat cilot biar mudah di bentuk, tips membuat cireng agar tidak alot, tips membuat cireng tidak a, tips perbandingan tepung terigu dan tepung tapioka dalam resep cireng, video cara pembuatan cireng krispi empuk garing
Kirana Reine

Kirana Reine

Seorang blogger yang sangat mencintai buku, games, dan kuliner. Content writer dengan background pendidikan yang unik, yaitu teknik elektro. Ibu rumah tangga dengan dua putra ini menekuni dunia tulis menulis sejak usia belia. Penulis dapat dihubungi melalui email kirana.reine@gmail.com.
Kirana Reine

0 comments

By