Ini Dia Rahasia Membuat Cireng

Cireng

Cireng

Siapa tak kenal cireng alias aci goreng? Makanan ini hampir selalu dapat ditemukan di pedagang gorengan. Dengan berbagai variasi cireng saat ini, mulai bermunculan took-toko atau outlet yang khusus menjual cireng. Cireng pun dimodifikasi dengan berbagai isian serta bentuk. Harga cireng pun semakin beragam tergantung dari kualitas dan popularitasnya.

Bagi penggemar cireng, banyak yang penasaran bagaimana sebenarnya cara membuat cireng. Mbah Google pun kebanjiran pertanyaan dari penggemar cireng yang mencari resep membuat cireng goreng. Tak sedikit para penggemar yang kecewa karena gagal di percobaan pertama. Masalah klasik yang sering terjadi saat membuat cireng adalah:

  1. Adonan terlalu elastis sehingga sulit dibentuk ataupun diisi
  2. Setelah digoreng, cireng terlalu keras dan alot
  3. Adonan mudah dibentuk, tapi tekstur cireng kurang liat

Setelah melalui beberapa kali percobaan, penulis dapat menganalisis penyebab dari ketiga masalah di atas. Semuanya bermuara pada proporsi adonan yang kurang tepat. Bahan dasar pembuat cireng adalah tepung kanji dan tepung terigu. Ada perbedaan pendapat di daerah ibukota, Jakarta, tentang hakikat dari tepung kanji. Ada yang mengatakan tepung kanji adalah tepung tapioka, ada juga yang mengatakan bahwa tepung kanji adalah tepung sagu. Pendapat manapun yang kamu pilih, tidak masalah. Keduanya memiliki tekstur liat setelah dimasak, pas untuk dibuat cireng.

Adonan Cilok / Cireng

Adonan Cilok / Cireng

Masalah nomor 1 dan nomor 2 terjadi apabila proporsi tepung kanji terlalu berlebihan sehingga tekstur sangat elastis dan lembek. Adonan menjadi sulit dibentuk ataupun diisi. Uniknya, jika adonan tersebut digoreng, hasilnya justru alot sekali. Cireng jenis ini masih bisa dikonsumsi saat panas, tetapi bisa sekeras batu saat sudah dingin. Adapun masalah nomor 3 terjadi apabila proporsi tepung terigu lebih banyak daripada tepung kanji. Adonan memang mudah dibentuk, diisi, maupun dimakan saat cireng dingin tapi cireng jenis ini bagai kehilangan karakteristik cireng yang agak liat saat digigit.

Dari analisis di atas, kini proporsi seperti apakah yang paling tepat untuk membuat adonan cireng? Berdasarkan pengalaman penulis, perbandingan tepung kanji dan tepung terigu untuk cireng yang ideal adalah 3:1 alias tiga bagian tepung kanji dicampur dengan 1 bagian tepung terigu. Bumbu-bumbunya? Pada dasarnya cukup ditambahkan lada yang telah dihaluskan dan garam. Kamu bisa berimprovisasi untuk menciptakan cireng terenak versi kamu. Misalnya, tambahkan santan dalam adonan cireng untuk menciptakan sensasi rasa yang gurih dan lebih lembut. Demikian juga dengan isian, kamu bisa mengisi cireng dengan bahan apapun sesuai selera kamu.

Jadi, sudah siap membuat cirengmu sendiri?┬áJika belum, order aja di sini. Kita jual lho cilok siap saji yang muuaknyus rasanya….

Dibuat dari bahan alami tanpa pengawet. Fresh from the oven.

Dibuat dari bahan alami tanpa pengawet. Fresh from the oven.

Cilok Cihaay Dalam Kemasan

Cilok Cihaay Dalam Kemasan

Cilok disajikan bersama sambel kacang yang pedas. Piring di sebelah kiri cilok yang direbus. Piring sebelah kanan cilok yang digoreng.

Cilok disajikan bersama sambel kacang yang pedas. Piring di sebelah kiri cilok yang direbus. Piring sebelah kanan cilok yang digoreng.

Yang berminat order bisa langsung kontak kita di bawah ini :

Listya Gammayani

PIN BBM : 7CE2BDC5
SMS / Whatsapp : 089665666919
Line : lisgamm

Ratna Komala Sari

PIN BBM : 7A340354
SMS / WA : 085691119288
Line : ratnaneneng

 

Lokasi :

Reni Jaya E. 6 No. 6 Depok - Jawa Barat

Reni Jaya E. 6 No. 6 Depok – Jawa Barat

 

resep cireng crispy, membuat cireng, resep adonan cireng, kue cireng, cara membuat cireng agar tidak keras, tips membuat cireng agar tidak keras, cara membuat adonan cireng, kenapa cireng keras, resep cireng lembut, resep cireng empuk tidak alot, resep cireng tidak alot, tips cireng tidak keras, tips agar cireng tidak keras, cara membuat cireng yang lembut, buat cireng supaya tidak keras, gorengan dari sagu, rahasia resep cireng, rahasia cireng empuk, resep cireng agar tidak alot, resep cireng tidak terlalu alot, biar adonan cireng bisa dibentuk, cara membuat cireng merekah, cara membuat cireng yang empuk, resep cilok empuk tdk alot, cara membuat cireng pakai santan, cara membuat cireng crispy, biar cireng tetap lembut dan renyah, www bagaimana agar cireng tidak keras com, www cara membuat cimol agar tdk keras com, www cr membuat cimol agar tdk krs com, resep cireng agar tetap lembut, www perbedaan cireng pake santan dan yang tidak pake santan com, resep cireng agar tak alot, resep cireng agar renyah, resep cireng yg lembut, resep cimol goreng empuk lezat saat dingin, cireng gurih, resep adonan cireng empuk renyah, www santan membuat cireng empuk com, rahasia membuat cireng empuk krispi, tips membuat cireng supaya ga keras, resep cireng crispy anti gagal, resep membuat cimol agar tdk bantet, resep membuat cireng crispy, sagu yang bagus untuk membuat cireng, resep cireng sagu aren, resep cireng renyah, tepung yg bs bkin cryispy tdk alot, tips agar cireng tidak bantat, resep cireng krispi dan lembut, resep cireng garing dan tidak alot, resep cireng enak tidak alot, resep cireng enak merekah, tips cireng lembut, resep cireng empuk krispi tidak alot anti gagal, resep cireng empuk dan lembut, resep cireng, adonan cireng tidak lembek, CARA BIKIN CIRENG CIRENG TETAP RENYAH, cara buat adonan cireng empuk dan renyah, cara membuat cilok biar gak keras gak susah digigitnya, cara membuat cilok yg enak dan empuk dan susah, cara membuat cimol agar lembut, cara membuat cireng garing dan tidak berminyak, aci yang bagus buat bikin cireng, cara membuat cireng renyah tidak keras, Bumbu khusus gorengan biar gak lembek, buat cireng supaya renyah, adonan cireng yang empuk dan tidak keras, agar cireng lembut, agar cireng tetap empuk saat dingin, apakah penyebab cireng menjadi keras, bahan membuat cireng tepung kanji, bikin cilok kalo lebih banyak sagu empuk atau tidak, bikin cilok tapi tepung aci keras, bikin cireng biar gak alot, cara membuat cireng supaya tidak keras dan alot, cara membuat cireng tidak keras dan alot, cara membuat cireng yg lembut, membuat cireng yang benar, membuat cireng yang empuk dan lembut, membuat cireng yg tdk keras, menbuat cimol biar ga keras, mengatasi cireng susah di bentuk, penyebab cireng alot, perbandingan pembuatan cireng, perbandingan tepung terigu 1kilo tepung kanjo berapa mau bikin cireng isi, kue cireng pecah saat digoreng, kenapa adonan cireng menjadi keras, cimol dalam kemasan, Cimol ga alot saat dingin, Cireng agar tidak keras setelah dingin, cireng bantat, cireng dari sagu dan terigu, cireng isi yang ga alot, gorengan dari tepung kanji, jenis gorengan aci, Perbedaan cireng dan cimol

Kirana Reine

Seorang blogger yang sangat mencintai buku, games, dan kuliner. Content writer dengan background pendidikan yang unik, yaitu teknik elektro. Ibu rumah tangga dengan dua putra ini menekuni dunia tulis menulis sejak usia belia. Penulis dapat dihubungi melalui email kirana.reine@gmail.com.

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *