Slider-PSD 2

Ini Dia Rahasia Membuat Cireng

Cireng

Cireng

Siapa tak kenal cireng alias aci goreng? Makanan ini hampir selalu dapat ditemukan di pedagang gorengan. Dengan berbagai variasi cireng saat ini, mulai bermunculan took-toko atau outlet yang khusus menjual cireng. Cireng pun dimodifikasi dengan berbagai isian serta bentuk. Harga cireng pun semakin beragam tergantung dari kualitas dan popularitasnya.

Bagi penggemar cireng, banyak yang penasaran bagaimana sebenarnya cara membuat cireng. Mbah Google pun kebanjiran pertanyaan dari penggemar cireng yang mencari resep membuat cireng goreng. Tak sedikit para penggemar yang kecewa karena gagal di percobaan pertama. Masalah klasik yang sering terjadi saat membuat cireng adalah:

  1. Adonan terlalu elastis sehingga sulit dibentuk ataupun diisi
  2. Setelah digoreng, cireng terlalu keras dan alot
  3. Adonan mudah dibentuk, tapi tekstur cireng kurang liat

Setelah melalui beberapa kali percobaan, penulis dapat menganalisis penyebab dari ketiga masalah di atas. Semuanya bermuara pada proporsi adonan yang kurang tepat. Bahan dasar pembuat cireng adalah tepung kanji dan tepung terigu. Ada perbedaan pendapat di daerah ibukota, Jakarta, tentang hakikat dari tepung kanji. Ada yang mengatakan tepung kanji adalah tepung tapioka, ada juga yang mengatakan bahwa tepung kanji adalah tepung sagu. Pendapat manapun yang kamu pilih, tidak masalah. Keduanya memiliki tekstur liat setelah dimasak, pas untuk dibuat cireng.

Adonan Cilok / Cireng

Adonan Cilok / Cireng

Masalah nomor 1 dan nomor 2 terjadi apabila proporsi tepung kanji terlalu berlebihan sehingga tekstur sangat elastis dan lembek. Adonan menjadi sulit dibentuk ataupun diisi. Uniknya, jika adonan tersebut digoreng, hasilnya justru alot sekali. Cireng jenis ini masih bisa dikonsumsi saat panas, tetapi bisa sekeras batu saat sudah dingin. Adapun masalah nomor 3 terjadi apabila proporsi tepung terigu lebih banyak daripada tepung kanji. Adonan memang mudah dibentuk, diisi, maupun dimakan saat cireng dingin tapi cireng jenis ini bagai kehilangan karakteristik cireng yang agak liat saat digigit.

Dari analisis di atas, kini proporsi seperti apakah yang paling tepat untuk membuat adonan cireng? Berdasarkan pengalaman penulis, perbandingan tepung kanji dan tepung terigu untuk cireng yang ideal adalah 3:1 alias tiga bagian tepung kanji dicampur dengan 1 bagian tepung terigu. Bumbu-bumbunya? Pada dasarnya cukup ditambahkan lada yang telah dihaluskan dan garam. Kamu bisa berimprovisasi untuk menciptakan cireng terenak versi kamu. Misalnya, tambahkan santan dalam adonan cireng untuk menciptakan sensasi rasa yang gurih dan lebih lembut. Demikian juga dengan isian, kamu bisa mengisi cireng dengan bahan apapun sesuai selera kamu.

Jadi, sudah siap membuat cirengmu sendiri?┬áJika belum, order aja di sini. Kita jual lho cilok siap saji yang muuaknyus rasanya….

Dibuat dari bahan alami tanpa pengawet. Fresh from the oven.

Dibuat dari bahan alami tanpa pengawet. Fresh from the oven.

Cilok Cihaay Dalam Kemasan

Cilok Cihaay Dalam Kemasan

Cilok disajikan bersama sambel kacang yang pedas. Piring di sebelah kiri cilok yang direbus. Piring sebelah kanan cilok yang digoreng.

Cilok disajikan bersama sambel kacang yang pedas. Piring di sebelah kiri cilok yang direbus. Piring sebelah kanan cilok yang digoreng.

Yang berminat order bisa langsung kontak kita di bawah ini :

Listya Gammayani

PIN BBM : 7CE2BDC5
SMS / Whatsapp : 089665666919
Line : lisgamm

Ratna Komala Sari

PIN BBM : 7A340354
SMS / WA : 085691119288
Line : ratnaneneng

 

Lokasi :

Reni Jaya E. 6 No. 6 Depok - Jawa Barat

Reni Jaya E. 6 No. 6 Depok – Jawa Barat

 

resep cireng crispy, membuat cireng, resep adonan cireng, kue cireng, tips membuat cireng agar tidak keras, cara membuat cireng agar tidak keras, cara membuat adonan cireng, kenapa cireng keras, resep cireng lembut, cara membuat cireng crispy, Resep rahasia cireng, Bikin adonan cireng, resep cireng tidak alot, resep cireng empuk tidak alot, tips agar cireng tidak keras, cara membuat cireng yang lembut, tips cireng tidak keras, gorengan dari sagu, rahasia resep cireng, kenapa cireng keras?, biar adonan cireng bisa dibentuk, resep cireng supaya tidak keras, resep bikin cireng biar lembut, rahasia cireng empuk, resep cireng agar tidak alot, resep cireng tidak terlalu alot, cara membuat cimol agar tidak keras, buat cireng supaya tidak keras, cara membuat cireng agar tidak lembek, penyebab aci goreng keras, resep cireng merekah, cara membuat cireng merekah, Cara n bikin cireng yg renyah gmn y, Resep cireng agar tidak keras, gagal bikin cireng, resep agar gorengan tidak lembek saat dingin, penyebab cireng isi keras, biar cireng tetap lembut dan renyah, adonan kanji mudah pecah, agar cireng tidak liat, tips membuat cireng tidak alot dan enak, cara membuat adonan tepung kanji, resep cimol supaya tidak lembek com, www cara membuat cimol agar tdk keras com, resep cimol, resep cireng agar renyah, www bagaimana agar cireng tidak keras com, resep cireng, resep cireng agar tetap lembut, resep cireng agar tak alot, Untuk membuat cireng lebih baik menggunakan tepung sagu atau tepung kanji ya?, untuk cireng tepung sagu atau tapioka?, resep cireng crispy anti gagal, Resep cireng dingin tapi tetap lembut, Www cara membuat ciremg yang empuk com, www cara membuat cireng yang empuk com, resep adonan cireng empuk renyah, penyebab cireng alot, penyebab cireng bantet, perbandingan pembuatan cireng, perbandingan tepung terigu 1kilo tepung kanjo berapa mau bikin cireng isi, Perbandingan tepung untuk cireng, Perbedaan cireng dan cimol, www tips bikin gorengan agar tk mudah lembek saat dingin com, rahasia agar cireng tetap empuk, www santan membuat cireng empuk com, rahasia cireng lembut dan renyah, Www rahasia cireng tidak keras com, resep cireng renyah, www perbedaan cireng pake santan dan yang tidak pake santan com, www cr membuat cimol agar tdk krs com, resep cireng empuk, resep cireng garing dan tidak alot, tips agar cimol tetap renyah, tepung yg bs bkin cryispy tdk alot, tepung sagu yang bagus untuk membuat cireng, tepung cireng yang bagus, resep cireng sagu aren, supaya cireng tidak keras, supaya cireng tidak bantat, sulit dibentuk cireng isi, resep cireng yg lembut, resep membuat cimol agar tdk bantet, resep membuat cireng crispy, sagu yang bagus untuk membuat cireng, resep membuat cireng lrmbut gurih, resep supaya gorengan renyah merekah, tips agar cimol tidak keras, tips agar cireng ngak alot, tips agar cireng tidak alot, resep cireng empuk dan lembut, resep cireng empuk krispi tidak alot anti gagal, tips membuat cimol biar gak pecah pecah, resep cireng enak, tips cireng renyah, resep cireng enak merekah, resep cireng enak tidak alot, resep cireng isi tida lembek, resep cireng isi yg lembut, resep cireng kripsi lembut, tips cireng lembut, resep cireng krispi, resep cireng krispi dan lembut, tips agar cireng tidak bantat, resep rahasia cireng bisa kriwil, cara membuat cimol agar lembut, bikin cireng empuk krispy, bikin cilok tapi tepung aci keras, bikin cilok kalo lebih banyak sagu empuk atau tidak, biar cireng krispi sampai dalam, Berapa perbandingan Tepung terigu dan kanji untuk membuat Cireng cimol cilok, bentuk bentuk cireng, Bentuk adonan cireng isi, bahan membuat cireng tepung kanji, bikin cireng gmn y?, bikin cireng renyah, cara membuat cilok biar gak keras gak susah digigitnya, aci tidak pake santan tapi empuk dan tidak alot, cara membuat adonan cireng agar tidak keras, cara buat adonan cireng empuk dan renyah, cara bikin cireng biar awet, bumbu rahasia cireng crispy, buat cireng supaya renyah, bikin gorengan biar terigunya lebut, bahan dasar cireng jakarta, bahan cireng lembut, bagaimana agar cireng tidak keras, adonan gorengan supaya tidak lembek, adonan cireng yang empuk dan tidak keras, adonan cireng yang bisa dibentuk namun tidak alot saat dingin, adonan cireng tidak bisa di bentuk, adonan cireng sulit dibentuk, Adonan cireng isi agar tidak gampang pecah, adonan cireng gampang di bentuk, adonan cireng gagal enaknya dibuat apa?, adonan tapioka biar tidak alot, Agar adonan cimol bisa dibentuk, bagaimana agar adonan yg baik agar cireng tidak keras, apakah tepung sagu bisa dibuat cireng, apakah penyebab cireng menjadi keras, Apa resep cireng supaya tidak cepet alot?, agar kue tidak keras saat dingin, agar gorengan cireng tetap crispy, agar cireng tetap empuk saat dingin, Agar adonan tepung bisa di bentuk, aci yang bagus buat bikin cireng, cara membuat cireng biar enak, mengatasi cireng susah di bentuk, kenapa cireng melempem, kenapa cimol jadi keras, kenapa adonan cireng menjadi keras, jenis gorengan aci, jenis cireng, gorengan dari tepung kanji, gorengan dari sagu enak, gorengan cireng sipaya tidak cepat lembek, kenapa cireng susah di bentuk, komposisi cireng crispy, menbuat cimol biar ga keras, membuat makanan awet dari tepung kanji, membuat cireng yg tdk keras, membuat cireng yang empuk dan lembut, membuat cireng yang benar, membuat cireng sagu direbus, kue cireng pecah saat digoreng, cireng bentuk, cirengnya alot, cireng tidak alot, cireng isi yang ga alot, cara membut cireng krispi dan tidak lembek, cara membuat simple cireng agar tidak bantat setelah dingin, cara membuat cireng yg lembut tidak alot, cara membuat cireng yg lembut, cara membuat cireng yg gampang, cara membuat cireng yang empuk garing, cara membuat cireng tidak keras dan alot, cara membuat cireng garing dan tidak berminyak, cara menggoreng cireng yang sudah jadi agar tidak keras, cimol dalam kemasan, cireng isi biar tidak alot, cireng empuk dingin, cireng empuk di gepengin dingin tidak keras, cireng dari sagu dan terigu, cireng cryspi gak gagal, cireng bantat, Cireng agar tidak keras setelah dingin, Cimol ga alot saat dingin, cara membuat cireng cripy yg benar

Kirana Reine

Seorang blogger yang sangat mencintai buku, games, dan kuliner. Content writer dengan background pendidikan yang unik, yaitu teknik elektro. Ibu rumah tangga dengan dua putra ini menekuni dunia tulis menulis sejak usia belia. Penulis dapat dihubungi melalui email kirana.reine@gmail.com.

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *